Rabu, 21 Maret 2012

Tanaman Padi Terserang Hama Ulat



Bima (KM-BOLO)—Tanaman padi saat ini kembali terserang hama ulat. Serangan ulat tersebut terjadi pada akar tanaman padi sehingga sangat mengancam kelangsungan pertumbuhan. Dampak itupun membuat dedaunan padi mengalami kemerahan.
Munculnya serangan hama ulat tersebut diduga tingginya curah hujan yang terjadi dalam dua pekan terakhir ini. Bahkan hujan yang turun di malam hari memicu mudahnya perkembangbiakan hama ulat pada tanaman padi tersebut.

Seperti yang terjadi di so’Kaba desa Rasabou kecamatan Bolo. Petani pun melakukan upaya dengan penyemprotan duakali seminggu. Obat yang digunakan adalah ‘Regent’ dan ‘Klenset’—salah satu Peptisida yang biasa dipakai petani dikala seragan hama ulat pada akar padi.

Di so’Kaba ini—usia padi bervariasi antara 35 - 40 hari. Di usia tersebut, menurut salah satu petani, Abdurrahman, adalah masa ‘hamilnya’ padi yang beranjak mengeluarkan bunga tanaman.
Selain serangan hama ulat, Abdurrahman juga mengaku sampai saat ini dirinya belum mendapatkan pupuk untuk kebutuhan kali ketiganya tanaman ini. “Saat ini saya hanya butuh 25 kg pupuk Urea saja, tapi belum ada,” ujarnya.(hasan) Cortesy of  Kampung Media Bolo

Tidak ada komentar: