Selasa, 15 Mei 2012

Pelatihan Budidaya Cabe Merah di Kepung




Kabupaten Kediri merupakan sentral komoditi hortikultura dengan produk andalannya cabe besar, bawang merah, tomat, brokoli, kobis, kacang panjang dan  mentimun yang tersebar pada 26 wilayah kecamatan. Untuk keberhasilan budidaya hortikultura khususnya cabe besar keterampilan yang perlu dimiliki oleh petani adalah Pengetahuan tentang tanah, curah hujan tahunan, mengenal hama dan penyakit, memahami agen hayati, memahami pestisida, managemen tenaga kerja, memahami rantai agribisnis, mampu mengolah hasil produksi dan memahami analisa usaha tani.




Dengan tujuan meningkatkan keterampilan petani  dalam budidaya cabe merah sesuai dengan rekomendasi teknis itulah, maka pada tanggal 8 s.d. 10 Mei 2012 Bidang Penyelenggaraan Penyuluhan BKP3 Kabupaten Kediri menggelar  Pelatihan Budidaya Tanaman Cabe Merah.



Pelatihan yang dilaksanakan di ruang grahadi Balaidesa Kencong Kecamatan Kepung diikuti oleh 40 orang petani dan petugas dengan materi budidaya tanaman cabe merah , pengendalian OPT pada tanaman cabe, penggunaan bahan organik, pemilihan benih yang berkualitas, pengelolaan green house untuk budidaya cabe, analisa usaha, penguatan kelompok tani dan Rencana Tindak Lanjut.




Pelatihan yang didanai dari APBD TA 2012 Kabupaten Kediri ini dipandu oleh Ir. Yitno Yuwono (eks penyuluh ahli), Suyitno SP (praktisi budidaya cabe), Riono SP (Pengamat Hama & Penyakit), Sarono SPd (Ketua Kelompok Tani Gangsar Makmur), Andi Wahyono SP MMA (breederPT Bisi) dan Muhtar Yudi SP (Koordinator PPL Kepung)




Di sesi akhir, seluruh peserta pelatihan berkesempatan untuk mengunjungi kebun percobaan milik PT Bisi untuk melihat lebih dekat  pengelolaan green house.

2 komentar:

obat keputihan herbal mengatakan...

mg artikelnya bermanfaat gan..

obat keputihan herbal mengatakan...

mg artikelnya bermanfaat gan..