Rabu, 25 Januari 2012

HASIL AGRO EKSPOSE 2011 BPTP MALANG





Di luar dugaan, petani kita banyak menemukan teknologi sederhana, namun mampu memberikan
manfaat teknis terhadap usahatani. Lebih mengherankan lagi, temuan mereka mulai merambah
pada mesin dan yang berkomponen elektronis.
 
Dalam rangkaian Agro Ekspose 2011 di BPTP Jatim, mendaftar 32 judul dari seluruh Jatim, dan telah terseleksi sebanyak 6 judul sebagai finalis.
 
Para juara itu sebagai berikut:
 
Juara 1, Syafiul Anam dari Kab. Jombang, berjudul  “Pompa Air Multi Injeksi (PAMI)”, yaitu modifikasi mesin pompa air berbahan baku gas. Alat ini mampu memberikan efisiensi penggunaan pompa air.
 
Juara 2, Agus Ansori dari Kab. Jombang, berjudul “Teknologi Pengendali Tikus ‘JHOSMO’”, yaitu alat empos pemberantasan tikus dengan bahan bakar gas. Alat ini lebih praktis dan memudahkan dalam pengendalian tikus dengan sistem empos.
 
Juara 3, E.Y. dari Kab. Malang, berjudul “Alat pembrongsong pisang praktis”, adalah alat yang memudahkan dalam pemberongsongan pisang, sehingga aman bagi pengguna dan lebih cepat.
 
Juara harapan 1, Catur Yuli Kusbiantoro dari Kab. Malang, berjudul “Instrumen analisa agroekosistem (AAES) pada SL-PHT kopi”, yaitu seperangkat formulir yang mudah diisi dan dapat membantu menyimpulkan secara cepat status OPT pada kopi di suatu kebun atau wilayah.
 
Juara harapan 2, Muhammad Arifin dari Kab. Probolinggo, berjudul “Indikator sederhana untuk tanah asam (ANB)”, adalah pH meter yang dapat dirakit sendiri, dengan biaya hanya sekitar Rp 20.000.
 
Juara harapan 3, Paidi dari Nganjuk, berjudul “Budidaya tanaman padi hemat biaya (ATABELA PD)”, adalah alat untuk penerapan teknis tanam benih langsung pada padi.(SH) Cortessy of BPTP Malang

Tidak ada komentar: