Kamis, 17 Oktober 2013

KANDANG BUDIDAYA AYAM PETELUR


Kandang merupakan syarat utama yang harus mau dan mampu dipenuhi oleh petani ternak budidaya ayam petelur. Dengan tersedianya kandang beberapa kendala yang menjadi hambatan petani akan terkendali, misalnya memudahkan dalam pengawasan kesehatan ayam petelur, kandungan gizi pakan yang diberikan dapat sesuai teknologi anjuran untuk ayam petelur, adanya jaminan keamanan ayam petelur dari bahaya hilangnya ayam petelur dan produksi telur akibat pencurian. Nilai tambah lain yang didapatkan dari tersedianya kandang, petani ternak ayam petelur akan menikmati hasil limbah kotoran ayam sebagai pupuk kandang.
Budidaya ayam petelur dapat dikandangkan dalam bentuk kandang umbaran kandang litter, kandang panggung dan kandang baterai.

1. Kandang Umbaran
merupakan jenis kandang yang dianjurkan untuk bisa dibudayakan oleh petani ternak ayam di perdesaan.Kandang ayam berfungsi sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan, disekitar kandang terdapat halaman untuk tempat ayam bermain yang diberikan pagar keliling. Biasa dikenal dengan nama kandang umbaran.

2.Kandang litter
Merupakan jenis kandang ayam yang berfungsi sebagai tempat hidup ayam selama 24 jam berada didalam kandang. Lantai dasar kandang terbuat dari tanah padat yang kering, secara teknologi dianjurkan lantai dasar kandang dari lantai semen dan diberikan litter yang berupa taburan sekam padi, serbuk gergaji, kulit kacang dan tongkol jagung. Litter harus sering dibalik dan harus selalu dalam keadaan kering. Limbah litter yang sudah tidak terpakai dapat digunakan sebagai bahan campuran pembuatan pupuk kandang.

3.Kandang panggung
Jenis kandang ini dikenal dengan nama lain kandang Slat yaitu kandang yang menggantung diatas tanah dengan lantai kandang terbuat dari bambu atau kawat. Bambu yang menjadi alas kandang dibuat renggang dengan diperhitungkan agar kaki ayam tidak terperosok. Kandang panggung dapat digunakan untuk budidaya ayam pedaging dan ayam petelur selama 24 jam. Kandang panggung dapat memuat kapasitas ayam yang banyak. Yang pastinya kandang sangat cocok digunakan untuk lokasi lahan yang sempit. Keuntungan kandang panggung untuk budidaya ayam petelur produksi telur yang dihasilkan bersih. Kekurangan kandang panggung membutuhkan biaya yang tinggi untuk pembuatan lantai kandang.

4. Kandang batterai
Jenis kandang baterai sangat cocok untuk digunakan budidaya ayam petelur di lahan yang sempit. Kandang baterai dapat disusun menjadi 2 - 3 tingkatan kandang yang menjajar panjang diatas tanah. Bahan kandang baterai dapat dibuat dari bambu atau besi. Kandang batterai dari bambu biayanya lebih murah, sedangkan kandang batterai dari besi daya kekuatannya lebih lama. Kandang batterai bentuk kotak kotak diisi 1 - 2 ekor ayam petelur. Ukuran kandang batterai dianjurkan tinggi depan 40 cm, tinggi belakang 35 cm, lebar 20 cm, panjang penadah telur 20 cm, panjang atas 40 cm.

Perlengkapan kandang
Kandang harus dilengkapi dengan peralatan untuk kebutuhan tempat pakan, minum dan sarang bertelur. Kandang batterai tempat pakan, minum dan tempat menampung telur biasanya ditempatkan berada dibagian depan kandang. Peralatan tersedia selama 24 jam. Pada kandang litter dan kandang panggung tempat peralatan pakan dan minum ditempatkan pada lantai dasar kandang. Pada kandang umbaran tempat pakan dan minum biasanya di tempatkan pada halaman tempat ayam bermain . Bahan peralatan tempat pakan dapat dibuat dari bambu dan plastik. Tempat minum terbuat dari plastik atau ember bekas.yang penting tidak bocor dan tidak berkarat.
Tempat bertelur dianjurkan untuk disediakan agar kulit telur tidak kotor, pembuatan tempat bertelur dapat berupa sarang telur yang terbuat dari bambu sebagaimna umumnya digunakan diperdesaan atau dapat juga dibuatkan dalam bentuk kotak. Ukuran kotak bertelur 30 x 35 x 45 cm cukup untuk 4-5 ekor ayam. Kotak telur diletakkan pada dinding kandang bagian dalam. Dasar tempat bertelur dibuat miring dari kawat hingga telur langsung ke luar sarang setelah bertelur, dibuatkan lubang yang lebih besar dari besarnya telur. Saluran telur merupakan tempat jalannya telur ke tempat penampungan telur yang berada diluar kandang menempel pada bagian luar dinding kandang. Dengan model penampungan telur berada diluar kandang akan memudahkan dalam pengambilan telur dan telur aman tidak diinjak injak ayam. Selain tempat telur yang juga harus disediakan adalah tempat bertengger ayam sebagai tempat istirahat/tidur.

Cyber Extension Kementan RI
Nani Priwanti Soeharto - PP PPMKP Ciawi
Sumber ; 1.. Widharto Pambudi, SE dan team Lentera.Kiat Mengatasi Permasalahan Praktis. Beternak Ayam Arab Merah si Tukang bertelur. Agro Media Pustaka, Cetakan kedua November 2003.
2. Panduan Budidaya Dan Usaha Ternak Itik, Balai Penelitian Ternak
Ciawi Bogor , 2010
1. Fahmi Fasa. Beternak Ayam Petelur untuk pemula Beternak dengan modal minimal untuk hasil maksimal, Dafa Publishing, Cetakan pertama. 2012
Foto : www.google.com

Baca Juga :
Budidaya Anggrek
Budidaya Jagung Manis Organik
Lele Organik
Ayam Buras
Sapi Pedaging

6 komentar:

mesin antrian mengatakan...

kepingin ternak ayam petelor lahan ada tapi kok masih bingung nanti pemasaran ke mana ya

Setiono mengatakan...

Mantap... bisa dicoba

Penyuluhan BKP3 mengatakan...

Silakan menjalin komunikasi dengan peternak yang sudah ada di daerah / sekitar rumah.Semoga sukses.
......
Siap Pak Setiono ! Semoga sukses.

Sanggar Rias Mbak Eli mengatakan...

Berkunjung

DepoS128 mengatakan...

Ciri Khas Kaki Ayam Aduan Birma Yang Mematikan


Unknown mengatakan...

Sya berminat skali memulai usaha aya petelur..lahan sya ada..tpi modal nya blum cukup..gimana solusinya