Kamis, 17 November 2011

Cacing Tanah Mampu Meningkatkan Kesuburan Tanah

 Cacing Tanah Mampu Meningkatkan Kesuburan Tanah
Tingginya intensitas pengolahan tanah banyak menekan populasi cacing tanah, hal itu diperparah dengan pemakaian pestisida berlebihan. Padahal cacing tanah mampu membantu aerasi tanah dan mencampur antara lapisan tanah atas dan bawah, meningkatkan ruang pori dan menurunkan berat isi tanah.

Merubah Rawa Lebak Jadi Lumbung Pangan
Pengembangan pertanian di lahan rawa lebak masih relatif lambat, padahal sudah ada teknologi untuk pengembangan lahan rawa lebak. Dengan menerapkan inovasi teknologi seperti penggunaan varietas unggul adaptif seperti Inpara 1 s/d 6 yang berumur genjah, teknologi persemaian seperti semai apung, teknologi penyiapan lahan secara cepat, teknologi populasi tanam, dan pemupukan dapat meningkatkan produktivitas mencapai 5,6 ton/ha.

Ameliorasi Tanah Gambut Meningkatkan Produksi Padi
Keberhasilan usaha pertanian di lahan gambut dan menekan gas rumah kaca dipengaruhi antara lain teknologi pengelolaan air, dan pengelolaan lahan gambut yang mengacu pada konsep menyehatkan tanah terlebih dahulu dengan cara pemberian Ameliorasi. Karena lahan gambut memiliki tingkat kejenuhan basa yang tinggi perlu penambahan bahan organik maupun anorganik. Courtesy of Balitbang Kementan RI

Tidak ada komentar: