Rabu, 29 Mei 2013

Tips Mengkombinasi Buah Mangga


Jenis mangga, yang sering dijadikan tanaman kombinasi adalah okiong, apel, harum manis, gedong gincu, manalagi, goiek, nam dok mai, indramayu, dan mangga kelapa. Sebagai calon batang bawah sebaiknya dipilih jenis yang percabangannya bagus, bentuk tajuknya kompak dan indah, serta batangnya pendek. Sifat-sifat tersebut terdapat pada mangga okiong, mangga apel, dan mangga kelapa. Bisa juga digunakan kweni atau bacang sebagai batang bawah karena keduanya tahan terhadap hama dan penyakit. Keunggulan lainnya, kweni dan bacang memiliki rasa dan aroma yang khas. Sebagai calon batang atas dipilih jenis mangga yang produksinya tinggi dan rajin. berbuah, yakni mangga okiong, mangga apel, dan mangga kelapa. Bisa juga dipilih jenis lainnya, sesuai dengan selera dan ketersediaan bibit.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam perawatan adalah pemangkasan. Jenis mangga yang pertumbuhannya cepat harus dipangkas lebih sering agar tajuknya tetap serasi dan seimbang. Mangga harum manis termasuk jenis yang pertumbuhannya cepat.

Sumber : Agromedia, 2002. Cybex Kementan RI
Sumber Gambar: http://www.productsdb.com
Berminat budidaya  CABAIJAMUR TIRAM, TOMAT, ALPUKAT KANGKUNG ?

2 komentar:

Unknown mengatakan...

berarti jenis mangga apa saja dapat di budidayakan di dalam pot ya pak? dan kuncinya hanya terhadap pemangkasannya saja ya?

DKPP Kab Kediri mengatakan...

Arief, iya bisa ... jgn lupa dirawat (pengendalian hama penyakit dan pemenuhan nutrisinya). Trim.