Selasa, 28 Oktober 2014

PELATIHAN MULTI MEDIA BAGI PETANI



PENYULUHAN konvensional melalui tatap muka antara petugas dengan petani memang masih relevan dan efektif. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, penyuluhan pertanian lewat dunia maya juga menjadi suatu kebutuhan. Menyadari hal tersebut, untuk menyiapkan pelaksanaan cyber extension (penyuluhan lewat internet), Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kabupaten Kediri melatih 20 orang petani yang merupakan perwakilan dari Kecamatan Pare, Badas, Kepung, Kandangan dan Puncu. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari, tanggal 27 sampai 29 Oktober 2014 di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kec. Pare untuk penyampaian teori, dan praktek selama 2 hari di Tera.net Desa Tulungrejo Kec. Pare.

Tujuan pelatihan adalah memberikan bekal kepada petani untuk memanfaatkan jaringan internet dalam mengakses informasi pertanian. “Terlebih pada tahun-tahun yang akan datang kita dihadapkan pada pasar global yang menuntut kita untuk berkomunikasi secara global pula. Tidak kalah pentingnya adalah memasarkan produk lokal ke pasar internasional sehingga pertanian kita tidak terpuruk karena kesenangan kita yang konsumtif produk luar”, demikian yang disampaikan Kepala Bidang Penyelenggaraan Pertanian Bapak Susanto, SP. pada acara pembukaan pelatihan.

Selama tiga hari, peserta pelatihan mendapatkan materi Kebijakan Pembangunan Pertanian Kab. Kediri, Teknologi – Informasi Pertanian, Dasar-dasar Microsoft Office, Membuat Akun Surat Elektronik, Cara Mengakses e-Petani dan Cybex Kementan RI dan penugasan browsing materi pertanian yang dipandu langsung oleh tim Cybex BKP3 Kab. Kediri.
[Tim Cybex, foto by Pak Tio].

Baca Juga :

6 komentar:

Setiono mengatakan...

Mantap.... Smg petani tambah pinter mengakses dan memanfaatkan informasi dan peluang agribis.

DKPP Kab Kediri mengatakan...

Amin Pak Setiono, terima kasih atas bantuannya.

Anonim mengatakan...

alhamdulillah saya manjadi salah satu peserta pelatihan

DKPP Kab Kediri mengatakan...

Terima kasih atas keikutsertaannya, semoga bermanfaat...

arie.pare mengatakan...

Bagus sekali program dinas pertanian tahun ini, semoga pemerintah yang baru juga meneruskan perhatiannya pada sektor pertanian !!!

DKPP Kab Kediri mengatakan...

Terima kasih atas keikutsertaannya mas Ari, semoga bermanfaat.